Kelahiran Siri iPhone 4S Bikin Google Was-was

Written By Sana Sini News on Minggu, 06 November 2011 | 03.13

Kedigdayaan Google di ranah internet memang sudah tak diragukan lagi. Namun kini dengan hadirnya situs-situs jejaring serta fitur baru di dunia teknologi, Google mendapat banyak saingan, termasuk dari Siri.

Hal itu disampaikan oleh Executive Chairman Google Eric Schmidt. Dikatakan oleh Schmidt bahwa mesin pencari Google mendapat tantangan langsung dari Apple lewat fitur Siri-nya.

Fitur perintah suara yang terdapat di piranti iPhone 4S ini memang turut menyediakan layanan pencarian informasi dan inilah yang diwaspadai Google. "Apple telah merilis pendekatan baru di teknologi pencarian dengan hadirnya Siri. Ia bisa melakukan pencarian berdasarkan perintah suara," ujar Schmidt.

Tak hanya Siri, keberadaan situs jejaring dan mikroblogging seperti Facebook dan Twitter juga dianggap menjadi pesaing langsung Google. "Facebook dan Twitter memungkinkan user untuk memakai situsnya guna menemukan jawaban dari pertanyaan yang mereka ajukan," ujar Schimdt.

"Google menghadapi kompetisi dari semua metode yang menyediakan akses informasi di internet, jadi bukan hanya mesin pencari saja," tambahnya seperti yang dikutip detikINET dari AFP, Minggu (6/11/2011).

Wajar jika Schmidt menaruh waspada pada Siri. Fitur baru Apple ini sempat dideskripsikan oleh salah satu situs teknologi TechCrunch bahwa ia adalah entry point dari Apple dalam bisnis mesin pencari. Salah satu komentator Forbes bahkan menyebut fitur ini sebagai 'pembunuh Google'.

Pernyataan Schmidt di atas keluar sebagai respon atas investigasi yang dilakukan badan pengawas Amerika dan Eropa terhadap Google. Dengan share sebanyak 65,3% du pasar mesin pencari, Google 'dicurigai' menjadi pemain dominan di area pencarian di internet.

"Google memiliki banyak kompetitor kuat. Menuding bahwa Google mendominasi di bidang pencarian adalah tidak benar," tegas mantan CEO Google ini.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...